Jumat, 24 Juni 2011

AK47


Spesifikasi
Berat4,3 kg
Panjang870 mm (34¼ inci)
Panjang Laras415 mm (16,3 inci)

Peluru7,62 x 39 mm
MekanismeOperasi gas, bolt berputar
Rata² tembakan600 butir/menit
Kecepatan peluru710 m/s
Jarak efektif300 m
AmunisiMagazine box 30 butir,
Magazine box RPK 40 butir,
Magazine drum RPK 75 butir
Alat bidikBidikan Besi

AK-47 (singkatan dari Avtomat Kalashnikova 1947) Merupakan senapan serbu yang dibuat oleh Mikhail
Kalashnikov. AK-47 termasuk salah satu senapan serbu pertama dan hingga kini merupakan senapan serbu yang paling banyak diproduksi 


Keistimewaan senjata ini terletak pada kinerjanya. AK-47 dikenal dengan kekasaran ekstrim, kesederhanaan operasi, pemeliharaan yang mudah, dan pengoprasian tak tertanding meskipun dalam kondisi buruk.


Bidikan belakang AK-47 bisa diatur, dengan setingan jarak yang selisihnya masing-masing 100 meter. Bidikan depan juga bisa diatur setingan elevasinya di lapangan. Dan setingan horizontal diatur di gudang senjata sebelum diberikan ke pemakai. Setingan bidikan standar diatur untuk menempatkan peluru beberapa sentimeter di atas atau di bawah titik yang dibidik, pada jarak 250 meter. Setingan "point-blank" seperti ini dipakai agar penembak tidak perlu mengubah setingan alat bidik pada jarak dekat. Setingan seperti ini sama dengan yang digunakan untuk Mosin-Nagant dan SKS, agar memudahkan masa peralihan dan pelatihan.


Untuk pengoprasian, masukkan magazine baru, atur tombol pilihan ke tingkatan pengoprasian yang diinginkan, tarik kembali, lepaskan charging handle, bidik dan kemudian tarik pelatuknya. Dalam pengaturan semi-otomatis senjata ini menembakkan peluru secara bertahap. Tapi jika tombol pilihan di atur keposisi tengah (otomatis) peluru akan keluar hingga peluru di dalam magazine habis.


Peluru akan bergerak memasuki laras, tabung gas yang didalamnya terdapat piston yang longgar langsung diposisikan dari atas barrel. Ketika peluru itu di tembakkan, gas propelan akan keluar melalui bagian yang telah di bor diatas barrel. Gas mengendalikan piston gas bagian belakang, melalui blok gas, dan muncul diatas chamber bagian dimana ujung belakang piston bertubrukan dengan bolt carrier. Hal ini menyebabkan bolt bergerak keluar.


Lorong laras dan kamar peluru, serta piston gas dan interior silinder gas AK-47 biasa dilapisi dengan krom. Ini sangat membantu memperpanjang umur alat-alat tersebut, karena mencegah korosi dan karat. Dan ini sangat penting, mengingat amunisi pada abad ke-20 sering berisi unsur merkuri yang korosif, yang mengharuskan pembersihan secara rutin untuk mencegah kerusakan. Pelapisan krom pada bagian-bagian penting senapan sekarang sudah lazim pada senjata-senjata modern.


Safety pada AK-47 terletak di sisi kanan receiver yang dapat diangkat ke posisi atas dan membuat senjata itu aman dari tembakan yang tak terduga.Selain bertindak sebagai pengaman senjata, tuas ini juga berfungsi menyimpan kotoran dan puing-puing saat senjata sedang menembak.


Desain AK disalin ole berbagai negara. Telah di produksi di setap negara yang termasuk dalam Pkta Warsawa. Ini termasuk Rusia, Cina Yugoslavia, Polandia, Hungaria, Rumania, Jerman Timur, Korea Utara, Mesir, Afrika Selatan, Finlandia, dan Israel. Amerika Serikat juga dapat di kategorikan negara yang memproduksi AK. Hesse Arms baru-baru ini mulai membuat beberapa variasi AK yang berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar